IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QOWAIDUL FIQHIYYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA ABU DARRIN DANDER BOJONEGORO

SA'ADAH, ROUDLOTUS (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QOWAIDUL FIQHIYYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA ABU DARRIN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah adalah salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Abu Darrin Dander Bojonegoro. Dengan mempelajari kaidah-kaidah fikih, siswa mengetahui prinsip-prinsip umum fikih dan akan mengetahui pokok masalah yang mewarnai fikih, kemudian menjadi titik temu dari masalah-masah fikih. Baik masalah yang sudah terjadi maupun masalah yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang sering disebut metode penelitian naturalistik. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelititan ini adalah siswa kelas X guru fikih dan guru Qowaidul Fiqhiyyah. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas berupa perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan uji confirmability. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) implementasi pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah menggunakan metode klasikal, tanya jawab dan muroja’ah, (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah yaitu faktor guru, siswa, lingkungan dan alokasi waktu, (3) hasil penerapan pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah mampu menambah wawasan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih di MA Abu Darrin.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Qowaidul Fiqhiyyah, Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Roudlotus Sa'adah
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:09
Last Modified: 26 Sep 2022 08:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus Moh
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item
View Item