NURAFITA, LUKI (2022) IMPLEMENTASI MODEL ADDIE (Analisis,Desain, Development, Implementation, Evaluation) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X DI MA AL HIDAYAH LAJU KIDUL SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (815kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (819kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (985kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (947kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (467kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (571kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran model addie bisa dijadikan sarana dalam menstimulus pemahaman pada siswa, dengan menggunakan kegiatan yang menarik dalam pembelajaran sehingga siswa mampu memecahkan masalah secara kreatif. Materi yang digunakan dalam model addie pembelajaran akidah akhlak yaitu hubb ad-dunya, hasad, ujub, sombong dan riya’ materi ini dapat menarik untuk menstimulus pemahaman siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau studi kasus. Penelitian ini di laksanakan di MA Al Hidayah Desa Laju Kidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Waktu melakasanakan penelitian ini pada tanggal 23 Maret dan 7-9 Juni 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara untuk mengetahui sudut pandang sekolah mengenai implementasi model addie dalam pembelajaran akidah ahlak kelas X di MA Al Hidayah Desa Laju Kidul, serta data tambahan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam peneltian ini menggunakan triangulasi data. Ada perencanaan pembelajaran addie yang dipilih, tahapan implementasi akidah akhlak, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan pemahaman siswa meningkat sesuai dengan Standar Kompotensi Lulusan, hal ini terlihat dari penilaian pemahaman siswa berupa rapor, ulangan harian dan hasil kuis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) pada umumnya siswa tidak hanya monoton, peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran dibutuhkannya keaktifan dan kreatifitas agar siswa tidak jenuh dalam belajar dengan ini guru menggunakan desain pembelajaran model addie, (2) model addie merupakan desain pembelejaran yang menggunakan lima tahapan dengan sesuai urutan kegiatan dengan menggunakan mata pelajaran akidah akhlak, (3) kelebihan dan kekurangan model addie ini, kelebihan mudah dipahami dan testruktur secara sistematis, kekurangan model ini tahapan analisis menggunakan waktu yang cukup lama.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Perencanaan, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi, Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Luki Nurafita |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 08:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 08:19 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Miftah, Zaini UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1323 |