PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS V DAN VI DI SDN KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO

MUFIDAH, NUR (2013) PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI KELAS V DAN VI DI SDN KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar Keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besarKeberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Maka setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kompetensi ini guru diharap dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, menjadi teladan bagi siswa, serta mampu mengembangkan profesinya. Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman modern dan industrialisasi yang pesat membawa tantangan-tantangan tersendiri terhadap kehidupan beragama dan menurut guru pendidikan agama Islam untuk mampu berperan menampilkan nilai-nilai agama yang dinamis dan mendorong serta mengarahkan kemajuan-kemajuan itu. Maka dengan itu peran KKG (Kelompok Kerja Guru) sangatlah penting untuk meningkatkan profesionalisme berkarya dan berprestasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti ini adalah Kelompok Kerja Guru sangat berpengaruh terhadap prestasi-prestasi peserta didik ternyata KKG sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa. Yang mana siswa dapat nilai rata-rata dari belajar dengan persiapan yang matang memperoleh nilai bagus. Berdasarkan perhitungan dari analisa, telah diketahui bahwa nilai ro atau rxy sama dengan 0,486. Dan nilai r dalam variabel x utuk N = 36 untuk taraf signifikansi 5% = 0,339 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,436. Dengan demikian perolehan rxy atau ro adalah jauh lebih tinggi dan ini berarti ada hubungan yang signifikan atau meyakinkan antara Pengaruh KKG terhadap prestasi belajar PAI SDN Kalirejo Bojonegoro baik taraf signifikansi 1% maupun 5%. Pedoman penggunaan nilai r product moment pada variabel (rt) adalah bilamana nilai ro yang diperoleh dari pengolahan data sama dengan atau lebih besar dari nilai r dalam variabel nilai product moment, maka ro yang diperoleh itu signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru (KKG), Prestasi Belajar PAI
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:17
Last Modified: 26 Oct 2021 22:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Yusuf, Anas
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Syaifuddin, Syaifuddin
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item
View Item