PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MARIENKÄFER PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH

INDIYANI, VEVI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MARIENKÄFER PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of Awalan..pdf] Text
Awalan..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang dapat merangsang atau memudahkan proses belajar-mengajar. Akan tetapi, lemahnya minat siswa dalam belajar matematika mengakibatkan siswa kurang memahami materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan teknik menyimpan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran Marienkäfer pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono terdiri dari 7 tahap penelitian, yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Pengembangan ini dipilih karena tahapannya yang sistematis dan sesuai dengan kebutuhan pengembangan media Marienkäfer pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran Marienkäfer pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan persentase 86,6% dan 87,6% dengan kriteria sangat valid. Hasil pre-test mendapat nilai rata-rata 56 dan post-test mendapat nilai rata-rata sebesar 86. Dengan demikian media pembelajaran Marienkäfer layak digunakan pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Marienkäfer, Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vevi Indiyani
Date Deposited: 24 Sep 2022 01:08
Last Modified: 24 Sep 2022 01:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item
View Item