IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MELATIH PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA MATLAUL ISLAM SUKOSEWU BOJONEGORO

SETYANINGSIH, IDA (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MELATIH PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA MATLAUL ISLAM SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of BAB II (1).pdf] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inovasi pembelajaran STEAM yang mulai diterapkan di Indonesia. Proses pembelajaran diharapkan mampu memberi dampak yang baik dalam perkembangan anak. Pembelajaran STEAM dengan media Loose Parts adalah pembelajaran sangat pas untuk menstimulasi anak di tengah perkembangan di era digital yang semakin pesat seperti saat ini. Media loose parts dapat memberikan kesempatan pada anak-anak dalam membuat kreasi tanpa batas dengan menggunakan media tersebut. Bahan-bahan tersebut dapat diperoleh pendidik maupun orang tua dari manapun tanpa mengeluarkan biaya. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya adalah proses analisis data yang meliputi teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu dalam implementasi pembelajaran berbasis STEAM dengan media Loose Parts, guru mengajak anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir, berkreasi dan inovasi. Memberikan kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi alat dan bahan main dengan berbagai indra, serta secara langsung memberikan pengalaman pada anak tentang science, technology, engineering, art, mathematics. Adapun media yang digunakan dalam melatih kemampuan motorik halus anak, yaitu media Loose Part, alat permainan edukatif anak yang berupa barang-barang yang ada disekitar lingkungan bisa dari bahan alam (kayu, biji-bijian, daun, bunga dan lain-lain) dan bahan bekas (botol plastik, tutup botol, sedotan, dan lain-lain) yang mudah ditemukan. Buku Cerita sebagai alat untuk menceritakan tentang gambar-gambar, hewan-hewan. Guru menggunakan buku cerita sesuai tema atau topik yang dibicarakan dalam story time.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis STEAM dengan Media Loose Parts, Melatih Motorik Halus, Anak Usia Dini
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: IDA SETYANINGSIH
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:57
Last Modified: 23 Sep 2022 01:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PUSPITASARI, ENDANG
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item
View Item