UPAYA MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MTS ROUDLOH SEMAMBUNG KANOR BOJONEGORO

Alimah, Nia Nur (2022) UPAYA MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MTS ROUDLOH SEMAMBUNG KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran mempengaruhi proses belajar. Model pembelajaran merupakan cara guru mentransfer ilmu kepada siswa. Variasi model pembelajaran sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh guru agar siswa tidak bosan, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat, siswa mudah memahami materi, serta mampu menjelaskan kembali materi yang dipahami. Model Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu pilihan model pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Model PBL melatih kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan mengamati, menganalisis, mengevaluasi, dan membuat keputusan dengan mempertimbangkan berbagai argumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk memilih dan memfokuskan penelitian, penyajian data untuk menyajikan data dalam dalam bentuk teks naratif, dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui hasil penafsiran serta memberi penjelasan adanya pengaruh pada objek. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Alquran hadits di MTs Roudloh Semambung sebelum penerapan model PBL masih kurang baik. Langkah-langkah penerapan model PBL pada mata pelajaran, yaitu 1) guru menyampaikan materi pembelajaran, 2) siswa mencari masalah, 3) siswa mencari informasi untuk menyelesaikan masalah, 4) siswa merancang sebuah karya yang berisi penyelesaian masalah, dan 5) siswa mempresentasikan hasil karya. Hasil penerapan model PBL pada mata pelajaran Alquran hadits di MTs Roudloh Semambung efektif untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Siswa dikatakan memiliki kemampuan berpikir kritis ketika siswa berani menyampaikan pendapat untuk memecahkan suatu masalah, mengambil kesimpulan, dan mempresentasikan hasil diskusinya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kemempuan berpikir kritis, alquran hadits, problem based learning(pbl)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nia Nur Alimah
Date Deposited: 17 Sep 2022 07:04
Last Modified: 17 Sep 2022 07:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item
View Item