KHASANAH, WAIDHOTUL (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MENGGUNAKAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA ISLAHIYAH KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (282kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (994kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (748kB)
dapus.pdf
Download (972kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Media merupakan salah satu komponen utaman dalam proses pembelajaran. Media dapat memudahkan guru dalam proses penyampaian materi kepada peserta didik sehingga mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Pada era seperti sekarang ini banyak pembaharuan dalam media pembelajaran, salah satunya dengan Quizizz. Dengan diberlakukannya Quizizz di MA Islahiyah Kalitidu, peserta didik idealnya lebih termotivasi untuk belajar, khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak. Permasalahnnya, fasilitas media pembelajaran tidak dimanfaatkan secara maksimal, guru masih menggunakan metode ceramah/ konvesional, dan pengaruh naik internal atau eksternal dari peserta didik. Akibatnya, peserta didik merasa bosan dengan materi yang diajarkan dan jauh dari suasana kelas yang asyik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi dan hasil implementasi media pembelajaran berbasis online menggunakan Quizizz dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MA Islahiyah Kalitidu.
Pendekatakan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Informan penelitian yang digunakan peneliti adalah guru akidah akhlak dan peserta didik yang pernah mengikuti pembelajaran akidah akhlak menggunakan Quizizz di MA Islahiyah Kalitidu. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi media pembelajaran menggunakan Quizizz dapat diterapkan dengan baik dan mampu menyelenggarakan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan. Adapun hasil implementasi menggunakan Quizizz dalam meningkatkan pemahaman siswa terbukti membawa hasil yang lebih baik dilihat dari nilai ulangan harian siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Online, Quizizz, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Online, Quizizz, Pemahaman |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Waidhotul Khasanah |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 07:31 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 07:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aufa, Ari Abi UNSPECIFIED Thesis advisor Silfiyah, Khoirotus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1177 |