PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) ISLAMIYAH BANJARJO, SUMBERREJO, BOJONEGORO

HAMIDAH, NUR LATIFATIL (2022) PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) ISLAMIYAH BANJARJO, SUMBERREJO, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran sangat mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar, dikarenakan metode pembelajaran merupakan jalan guru untuk mentransferkan ilmu pengetahuan kepada siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi atau berganti-ganti juga sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh guru agar siswa tidak bosan dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran juga meningkat. Metode project based learning bisa menjadi salah satu pilihan metode pembelajaran yang menyenangkan dan bisa membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan keajegan pengamatan, perpanjangan penelitian, pembahasan dengan teman sejawat dan juga menggunakan teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber. Metode, dan waktu. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran Fikih dan siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode project based learning pada pembelajaran Fikih dapat menjadi salah satu pilihan metode pembelajaran yang efektif, menyenangkan dan dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Langkah-langkah penerapan metode project based learning yaitu 1) guru memusatkan perhatian siswa pada materi yang akan diajarkan, 2) siswa mengidentifikasi masalah, 3) siswa membuat desain proyek yang akan dibuat, 4) melakukan penelitian, 5) Menyusun draft/prototipe produk, 6) mengecek Kembali produk yang dibuat, 7) memamerkan produk, 8) guru memberi penilaian masukan dan saran. Faktor pendukung metode project based learning adalah kekompakan siswa dengan anggota kelompok saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan juga guru sebagai pengawas saat kegiatan pembelajaran. Faktor penghambat metode project based learning ialah kurangnya waktu pembelajaran dan media pembelajaran yang sedikit.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, project based learning, fikih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Latifatil Hamidah
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:51
Last Modified: 16 Sep 2022 08:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA'ARIF, M JAUHARUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item
View Item