IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUSTHOFAWIYAH DESA NGURUAN KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

AFIFAH, SITI NUR (2022) IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUSTHOFAWIYAH DESA NGURUAN KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan serentak yang dianjurkan oleh pemerintah berupa Literasi. Secara umum literasi merupakan kemampuan dalam membaca, menulis,
berbicara dan penggunaan bahasa. Peserta didik diharapkan mampu memperoleh keterampilan literasi informasi, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah dan motivasi untuk belajar. Pogram penguasaan literasi informasi dianggap dapat menciptakan keberaksaraan yang berbasis keterampilan (skill based literacy). Termasuk di dalam keterampilan ini adalah kemampuan mencari informasi, memilih sumber informasi secara cerdas, menilai dan memilih sumber informasi menggunakan dan menyajikan informasi secara etis. Hal ini juga diterapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Musthofawiyah Desa Nguruan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban kepada siswa disetiap mata pelajaran terutama pada mata pelajaran fikih di kelas VIII.
Peneliti menggunakan metode kualitatif deskripstif. Data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur dan mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah Tsanawiyah Musthofawiyah, guru mata pelajaran fikih, dan peserta didik kelas VIII. Penelitian ini mrnggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Tsanawiyah Musthofawiyah sudah menerapkan literasi informasi sejak tahun 2020 dan pemahaman yang cukup tentang literasi informasi membuat guru fikih berperan sebagai fasilitator dalam menerapkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran fikih. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan literasi informasi siswa pada mata pelajaran fikih terbilang sudah baik. Sesuai hasil wawancara dan observasi oleh peneliti bahwa siswa sudah memiliki standar penguasaan literasi informasi dan indikator dalam kategori baik.
Kata kunci : Implementasi, Literasi Informasi, Fikih

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi Informasi, Fikih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Afifah
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:41
Last Modified: 01 Dec 2022 06:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SILFIYAH, KHOIROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item