HUDA, M. MIFTAHUL (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK MENTAL PEMBELAJAR SISWA KELAS 7 DI MTS ISLAMIYAH BANJARJO SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (448kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (642kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (850kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (855kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (857kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (417kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (629kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (983kB) | Request a copy
Abstract
Anak yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak sebagai bekal untuk kehidupannya dimasa depan justru sering mendapat kekerasan di rumah, sekolah, dan lingkungan lainnya. Kekerasan pada anak sering kali dilakukan oleh orang tua, guru, dan teman-temannya dengan berbagai bentuk, baik itu kekerasan fisik, kekerasn seksual, maupun kekerasan psikis. Kekerasan yang didapatkan anak menurunkan semangat belajar dan mempengaruhi kesehatan mental anak, sehingga akan berdampak buruk bagi perkembangan anak dalam pendidikannya. Hadirnya program madrasah ramah anak dalam satuan pendidikan adalah untuk memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak dari segala bentuk kekerasan. Dengan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, melaksanakan pembelajaran yang ramah anak diharapkan satuan pendidikan bisa meningkatkan semangat belajar anak dan mencetak generasi yang bermental pembelajar, serta berkarakter baik, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian lapangan. Penguimpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan keajegan pengamatan, perpanjangan peneluitian, pembahasan dengan teman sejawat dan juga menggunakan teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, metode, dan waktu. Informan penelitian adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran akidah akhlak, matematika, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program madrasah ramah anak yang dilaksanakan di MTs Islamiyah Banjarjo efektif dalam membentuk mental pembelajar bagi siswa dengan memenuhi karakteristik rasa ingin tahu yang tinggi, optimis, disiplin, percaya diri, saling menghargai dan menghormati, tanggung jawab, kerja sama yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Madrasah Ramah Anak, Pembelajaran Ramah Anak, Mental Pembelajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Miftahul Huda |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 04:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 04:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Miftah, Zaini UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1129 |