EFEKTIVITAS PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK MENTAL PEMBELAJAR SISWA KELAS 7 DI MTS ISLAMIYAH BANJARJO SUMBERREJO BOJONEGORO

HUDA, M. MIFTAHUL (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK MENTAL PEMBELAJAR SISWA KELAS 7 DI MTS ISLAMIYAH BANJARJO SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy

Abstract

Anak yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak sebagai bekal untuk kehidupannya dimasa depan justru sering mendapat kekerasan di rumah, sekolah, dan lingkungan lainnya. Kekerasan pada anak sering kali dilakukan oleh orang tua, guru, dan teman-temannya dengan berbagai bentuk, baik itu kekerasan fisik, kekerasn seksual, maupun kekerasan psikis. Kekerasan yang didapatkan anak menurunkan semangat belajar dan mempengaruhi kesehatan mental anak, sehingga akan berdampak buruk bagi perkembangan anak dalam pendidikannya. Hadirnya program madrasah ramah anak dalam satuan pendidikan adalah untuk memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak dari segala bentuk kekerasan. Dengan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, melaksanakan pembelajaran yang ramah anak diharapkan satuan pendidikan bisa meningkatkan semangat belajar anak dan mencetak generasi yang bermental pembelajar, serta berkarakter baik, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian lapangan. Penguimpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan dan keajegan pengamatan, perpanjangan peneluitian, pembahasan dengan teman sejawat dan juga menggunakan teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, metode, dan waktu. Informan penelitian adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran akidah akhlak, matematika, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program madrasah ramah anak yang dilaksanakan di MTs Islamiyah Banjarjo efektif dalam membentuk mental pembelajar bagi siswa dengan memenuhi karakteristik rasa ingin tahu yang tinggi, optimis, disiplin, percaya diri, saling menghargai dan menghormati, tanggung jawab, kerja sama yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Program Madrasah Ramah Anak, Pembelajaran Ramah Anak, Mental Pembelajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Miftahul Huda
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:46
Last Modified: 12 Sep 2022 04:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Miftah, Zaini
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item
View Item