TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DALAM MULTI LEVEL MARKETING DI QNET KOTA SURABAYA

Nikmah, Siti Uliatin (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI DALAM MULTI LEVEL MARKETING DI QNET KOTA SURABAYA. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan zaman, perkembangan bisnis Multi Level Marketing pun semakin berkembang pesat. Dari sekian banyak perusahaan yang menggunakan sistem Multi Level Marketing, perusahaan Qnet adalah salah satunya. Petama, Upline menawarkan kepada calon member sebuah pekerjaan, bukan jual beli produk. Setelah calon member tertarik dengan iming iming upline yang menyebutkan bahwa jika mereka bergabung dengan perusahaan, mereka akan mendapatan gaji yang sangat menggiurkan, calon member diwajibkan untuk membeli salah satu produk dari Qnet. Downline merasa terpaksa dengan transaksi jual beli karena mereka diharuskan untuk membeli produk yang sebenarnya tidak mereka butuhkan dan tidak diinginkan untuk dibeli. Dimana produk yang dijual pun berharga sangat mahal. Rumusan masalah dari penelitian ingin mengetahui (1) Bagaimana praktik jual beli dalam Multi Level Marketing di Qnet (2) Bagaimana tinjaun hukum Islam terhadap praktik jual beli dalam Multi Level Marketing di Qnet. Tujuan penelitian ini Ingin mengetahui (1) Untuk mengetaui bagaimana praktik jual beli dalam Multi Level Marketing di Qnet (2) Untuk mengetahui tinjaun hukum Islam terhadap praktik jual beli dalam Multi Level Marketing di Qnet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti terjun ke lapangan, mempelajari suatu proses atau penemuan yang terjadi secara alami, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimplan-kesimpulan dari proses tersebut. Penulis menggunakan data kepustakaan memanfaatkan buku-buku, hasil penelitian, dan internet digunakan untuk menelaah hal-hal yang berkenaan dengan bisnis Multi Level Marketing di Qnet. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Downline merasa terpaksa dengan transaksi jual beli karena mereka diharuskan untuk membeli produk yang sebenarnya tidak mereka butuhkan dan tidak diinginkan untuk dibeli, Dimana produk yang dijual pun berharga sangat mahal. (2) Menurut hukum islam, transaksi tersebut dianggap sah. Disamping karena transaksi tersebut telah memenuhi rukun dan syarat jual beli, transaksi tersebut dikategorikan sebagai Ikrah Istihsan atau Ikrah al-Adabi. Transaksi jual beli yang dilakukan tidak menghilangkan asal keridaan, hanya menghilangkan keridaan yang sempurna. Dan Ikrah jenis ini tidak merusak hak memilih seseorang.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Multi Level Marketing, Qnet, jual beli
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:38
Last Modified: 18 Aug 2022 04:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Nurul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item
View Item