Pengembangan Panduan Pelatihan Self Regulated Learning untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa

Fitria, Maulida (2021) Pengembangan Panduan Pelatihan Self Regulated Learning untuk Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama merupakan masa transisi siswa menuju remaja awal yang tentunya akan terjadi perubahan-perubahan baik secara fisik, kognitif, sosial, maupun emosional. Masa remaja merupakan masa yang rentan bagi individu mengalami berbagai masalah, terutama permasalahan di bidang belajar. Salah satu permasalahan di bidang belajar adalah gangguan kecemasan akademik siswa yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya berupa rendahnya regulasi diri dalam belajar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk panduan pelatihan self regulated learning untuk mengurangi kecemasan akademik siswa yang menyebabkan proses perkembangan belajar siswa terhambat. Layanan ini memungkinkan siswa untuk mampu menumbuhkan konsep belajar efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Penelitian dan Pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi konsep Penelitian dan Pengembangan Borg and Gall. Kegiatan Penelitian dan Pengembagan melalui: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji produk awal oleh ahli bimbingan dan konseling, ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna, dan (5) revisi hasil uji produk awal. Berdasarkan hasil uji produk awal menunjukkan bahwa produk panduan pelatihan self regulated learning termasuk dalam kategori sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan sangat patut, sehingga panduan pelatihan ini layak digunakan oleh Konselor dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa dalam mengurangi kecemasan akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Kecemasan Akademik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:08
Last Modified: 27 Jun 2022 04:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item
View Item