HUBUNGAN SISTEM ZONASI DAN UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BOJONEGORO

ILMI, MARIYAM NUZUL (2020) HUBUNGAN SISTEM ZONASI DAN UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sistem zonasi ini merupakan pemerataan pendidikan dan memberikan layanan pendidikan yang bermutu secara merata bagi warga masyarakat sekitar. Dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru agar bisa menumbuhkan kreativitas anak sesuai dengan kemampuan peserta didik masing masing. Dengan adanya sistem zonasi ini akan menjadikan sekolah favorit menjadi setara dengan sekolah sekolah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem zonasi dan upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMP Negeri 1 Bojonegoro, dengan fokus penelitian : (1) Bagaimana sistem zonasi di SMP Negeri 1 Bojonegoro? (2) Bagaimana upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojonegoro? (3) Apa Hubungan sistem zonasi dan upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bojonegoro? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data, teknik triangulasi. Informan penelitian yaitu Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta Didik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem zonasi sudah diterapkan pada tahun 2018 zonasi sebanyak 50% kemudian 2019 naik sebanyak 70% dan tahun 2020 sebanyak 70%. Dalam jalur zonasi pada tahun pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 1 Bojonegoro ini menerima 10 rombongan belajar yang berisi 32 siswa dengan jumlah 320 siswa. Daya Tampung dari jalur Zonasi minimal 70% dari 320 siswa= 224 siswa yang diterima. (2) Upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan guru di SMP Negeri 1 Bojonegoro dengan mengikuti seminar/ workshop tentang peningkatan kualitas pembelajaran selain dengan metode demontrasi, metode media visual dan inkuiri, juga ditingkatkan dengan adanya pembelajaran daring . (3) Bahwa Hubungan sistem zonasi dan upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pada kualitas pendidik/guru. Sehingga guru harus bisa memodifikasi materi pembelajaran dengan sesederhana mungkin agar peserta didik faham apa yang sudah disampaikan guru dalam pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem zonasi dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 23 May 2022 04:15
Last Modified: 23 May 2022 04:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MAMLU’AH, AYA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item
View Item