PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI MI ROUDLOTUL HUDA NGANTRU NGASEM BOJONEGORO

BARIROH, RIDA’UL (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI MI ROUDLOTUL HUDA NGANTRU NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of ACover.pdf] Text
ACover.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu muatan lokal (Mulok) dari Sekolah Dasar. Tidak sedikit anak di Sekolah Dasar mengalami kesulitan belajar bahasa Inggris karena dari cara pengucapan dan penulisan pada bahasa Inggris berbeda. Oleh karena itu perlu adanya inovasi media pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa tingkat dasar, karena media pembelajaran merupakan sarana penghubung tercapainya tujuan pembelajaran. Mengacu dari uraian yang sudah disampaikan tujuan pengembangan ini adalah 1. Mengetahui pengembangan media pembelajaran scrabble dalam meningkatkan vocabulary bahasa Inggris siswa kelas VI MI Roudlotul huda Ngantru Ngasem Bojonegoro? 2. Mengetahui validitas media pembelajaran scrabble dalam meningkatkan vocabulary bahasa Inggris siswa kelas VI MI Roudlotul Huda Ngantru Ngasem Bojonegoro?. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), Metode pengembangan Four-D terdiri dari 4 tahapan diantaranya define (Pendefinisian), design (Perencanaan), develop (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Penelitian pengembangan ini selesai pada tahap development (Pengembangan). Model Four-D ini dipilih karena tahapannya runtut, jelas, dan sesuai dengan kebutuhan media pembelajaran scrabble. Sedangkan penyajian data yang digunakan: observasi, wawancara, validitas, angket, serta tes hasil belajar. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh 11 siswa MI Roudlotul Huda Ngantru Ngasem Bojonegoro sebagai populasi dan data dianalisis dengan teknik analisis isi/materi dengan hasil validasi 90,76, serta teknik analisis desain/media setelah adanya revisi dengan hasil 92,72, dan teknik analisis tes hasil belajar dengan hasil posttest 9 siswa tuntas secara individual dengan rata-rata skor 85 proporsi ketuntasan siswa paling rendah 60 dan paling tinggi 100. Serta analisis respon siswa terhadap pembelajaran ada 97,27% siswa yang menjawab “Ya”. Maka dengan ini pengembangan media pembelajaran scrabble dalam meningkatkan vocabulary bahasa Inggris siswa kelas VI dinyatakan valid/layak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Scrabble, Vocabulary (Kosakata), bahasa Inggris
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 May 2022 02:44
Last Modified: 17 May 2022 02:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
Thesis advisor
ROFI’AH, FIRDA ZAKIYATUR
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item
View Item