PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA-SISWI SMPN 2 KECAMATAN KENDURUAN KABUPATEN TUBAN

WIDIANTI, ERNA (2020) PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA-SISWI SMPN 2 KECAMATAN KENDURUAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Orang Tua merupakan suatu faktor utama bagi seorang anak, selain itu orang tua bukan hanya sebagai pengasuh akan tetapi juga menjadi sekolah pertama bagi anak anaknya, Pengaruh orang tua merupakan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri dari dalam dan dari luar diri individu untuk melakukan aktivitas belajar sesuai dengan keinginan yang dituju. Prestasi belajar merupakan suatu hasil belajar yang diberikan pada siswa setelah akhir semester yang berupa angka atau nilai raport. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui upaya orang tua memantau anaknya terhadap pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (2)Untuk mengetahui pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa siswi SMPN2 Kenduruan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orang tua pada prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa siswi “SMPN2 Kenduruan “. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 22 siswa di “SMPN2 Kenduruan” Dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan Product Moment. Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: bahwa pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar siswa “SMPN2 Kenduruan” Setelah diketahui “r” dari korelasi product moment yaitu sebesar 0,659, maka langkah selanjutnya adalah mengkonsultasikan hasil perhitungan dengan harga kritik dalam tabel “r” product moment, dengan N = 22. Pada N = 22 taraf signifikansi 5% = 0,423, sedangkan pada taraf signifikansi 1% = 0,537, maka terbukti bahwa “r” observasi baik pada taraf signifikasi maupun ada taraf signifikansi. Taraf signifikansi 5% dan 1% lebih kecil dari pada harga kritik pada table “r” product moment, yaitu; 0,423<0.659>0,537. Dengan melihat taraf signifikansi tersebut, data ditarik kesimpulan bahwa nihil (H0) yang berbunyi “Bahwa Orang Tua tidak berpengaruh terhadap kepribadian siswa SMPN 2 Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban” Ditolak. Sementara hipotesis alternative (Ha) yng berbunyi “Bahwa Orang Tua berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan agama Islam Siswa siswi SMPN2 Kec. Kenduruan Kab. Tuban”

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:53
Last Modified: 05 Apr 2022 03:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
AZIZ S., SU’UDIN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item
View Item