PENGARUH PENGUASAAN METODE MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN PURWOSARI III KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO

ISTIKOMAH, ISTIKOMAH (2014) PENGARUH PENGUASAAN METODE MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN PURWOSARI III KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of bab 1 .pdf] Text
bab 1 .pdf

Download (163kB)
[thumbnail of bab 2 .pdf] Text
bab 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3 .pdf] Text
bab 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Guru bukanlah piringan hitam yang memperdengarkan lagu yang sama, tahun ke tahun, tetapi pekerjaan mengajar adalah pekerjaan yang kreatif dan kemajuan. Hal ini sebagaimana Drs. Tarmizi dalam bukunya “Pengantar Metodologi Pengajaran” sebagai berikut : “Setiap guru yang akan mengajar senantiasa dihadapkan pada pilihan metode. Banyak macam metode yang bisa dipilih guru dalam kegiatan mengajar, namun tidak semua metode bisa dikategorikan sebagai metode yang baik, dan tidak pula semua metode dikatakan jelek. Kebaikan suatu metode terletak pada ketepatan memilih sesuai dengan tuntutan pembelajaran Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah metode mengajar yang digunakan oleh guru agama Islam ketika mengajar siswa SDN Purwosari III Purwosari Bojonegoro? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa SDN Purwosari III Purwosari Bojonegoro? (3) Adakah pengaruhnya antara penguasaan metode mengajar guru agama Islam terhadap hasil belajar siswa SDN Purwosari III Purwosari Bojonegoro? Adapun penelitian ini di teliti dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan populasi 231anak dan pengambilan sampel dari kelas V yang berjumlah 73 anak. Dari hasil penghitungan pada bab IV bahwa r hitung hasil penelitian sebesar 0,608, sedangkan setelah dikonsultasikan dengan tabel nilai koefisien korelasi r Product Moment, dimana N = 73, Dengan demikian maka nilai “r” yang diperoleh adalah lebih besar daripada “r” tabel (rt) baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Maka dapat digambarkan, yakni pada taraf signifikansi 5% ro > rt = 0,608 > 0,235 sedangkan pada taraf signifikansi 1% ro > rt = 0,608 > 0,306. Jadi penguasaan metode mengajar guru agama Islam cukup berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SDN Purwosari III Purwosari Bojonegoro. Berarti semakin baik penguasaan metode mengajar seorang guru agama Islam, semakin baik pula hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar PAI
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Jun 2021 08:47
Last Modified: 26 Oct 2021 21:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Achmad, Badaruddin
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item