PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs DARUL HUDASUGIHWARAS BOJONEGORO

Afifuddin, M. (2021) PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs DARUL HUDASUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of A.COVER.pdf] Text
A.COVER.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (437kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses membudayakan nilai-nilai luhur kepada generasi baru yang tidak hanya bersifat memelihara namun juga memiliki maksud dan tujuan membangun, memajukan serta mengembangkan nilai keluhuran tersebut menuju arah yang lebih baik lagi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, faktor yang paling dominan menyebabkan rendahnya minat belajar matematika adalah strategi pembelajaran yang kurang menarik, media yang kurang bervariasi serta perlengkapan belajar yang kurang memadai. Dari berbagai faktor penyebab rendahnya minat belajar matematika, peneliti memfokuskan diri pada penerapan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pembelajaran adalah strategi pembelajaran aktif (Index card math) adalah strategi yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Strategi ini dilakukan dengan tujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Darussalam Dungmas Kedungrejo sumberrejo Bojonegoro pada kelas VII dengan jumlah peserta didik 21. Masing-masing peserta didik diwawancara terkait minat belajar peserta didik , kemudian diberikannya tes, dan angket untuk mengetahui minat belajar matematika. Berdasarkan hasil wawancara didapat bahwa banyak peserta didik yang memiliki minat belajar matematika yang rendah. namun setelah diterapkannya strategi Index Card Match berdasarkan tes hasil belajar dari 21 siswa diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,9%, terbukti bahwa Penerapan Pembelajaran dengan strategi Index Card Match pada pembelajaran Bangun datar memiliki pengaruh besar pada minat belajar peserta didik. Sedangkan pada hasil angket diketahui presentase rata-rata dari semua aspek yang diamati 93% merespon positif dan 7% merespon negatif. Hal ini dapat menunjukkan bahwa lebih dari 75% peserta didik kelas VII B SMP Islam Darussalam Kedungrejo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro merespon positif terhadap Pembelajaran dengan Strategi Index Card Match.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: motivasi guru , prestasi belajar, Akidah akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:39
Last Modified: 06 Apr 2022 08:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item
View Item