PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUS SHOLIHIN KARANGSONO DANDER BOJONEGORO

Saiful, Anwar (2015) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUS SHOLIHIN KARANGSONO DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of bab i.pdf] Text
bab i.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of bab ii.pdf] Text
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of bab iii.pdf] Text
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of bab iv.pdf] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of bab v.pdf] Text
bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Keteladanan dalam pendidikan merupakan bagian dari sejumlah metode yang paling ampuh dan efektif dalam mempersiapkan dan membentuk anak secara moral, spiritual, dan sosial. Setiap sekolah memiliki peraturan dan tata tertip yang harus dilaksanakan dan di patuhi oleh semua siswa. Peraturan yang dibuat sekolah merupakan kebijakan sekolah yang tertulis dan berlaku sebagai standar untuk tingkah laku siswa sehingga siswa mengetahui batasan-batasan dalam bertingkah laku. Dengan rumusan masalah sebagai berikut; a) Bagaimana sikap teladan guru di MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro?, b) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro?, c) Adakah pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; a) Untuk mengetahui sikap teladan guru di MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro. b) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro. c) Untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru memiliki pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono. Hal ini terbukti dari hasil angket tentang keteladanan guru di MI Roudlotus Sholihin Karangsono Dander Bojonegoro ditemukan bahwa sekitar 65,68% guru memberikan contoh baik kepada siswanya, dan kedisiplinan belajar siswa juga dapat dikategorikan baik. Yaitu dengan rata-rata kedisiplinan belajar siswa mencapai nilai 64,6%. Dan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Roudlotus Sholihin Karangsono dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistik Product Moment. Dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,805 dan masuk pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Feb 2022 09:49
Last Modified: 27 Feb 2022 09:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Masjkur, M.
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Sugeng, Sugeng
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item