Analisis Produksi Batu Bata Dari Tanah Milik Negara di Desa Sudah Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro Perspektif Hukum Bisnis Islam

KHILWA, UYUNIL (2020) Analisis Produksi Batu Bata Dari Tanah Milik Negara di Desa Sudah Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro Perspektif Hukum Bisnis Islam. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik eksploitasi tanah telah dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Desa Sudah Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Pemanfaatan tanah di bantaran bengawan Solo melibatkan warga Desa Sudah yang mengeksploitasi tanah bantaran sungai sebagai bahan pembuatan batu bata sudah sejak dulu. Dalam pemanfaatan tanah di bantaran bengawan Solo tersebut selama ini tidak ada yang melarangnya, dan yang menjelaskan status kepemilikan tanah yang digunakan warga Desa Sudah dalam pembuatan batu bata. Hal ini dapat menjadikan pemanfaatan tanah itu bisa terjerumus dalam hal yang diharamkan menurut Islam dan pelanggaran UUPA.
Penelitian untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana praktik produksi batu bata dari tanah milik negara di Desa Sudah Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro dan bagaimana analisis hukum bisnis Islam terhadap produksi batu bata dari tanah milik negara di Desa Sudah Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian untuk mengetahui praktik dan tinjauan hukum bisnis Islam terhadap produksi batu bata dari tanah milik negara di Desa Sudah Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan tempat penelitian di Desa Sudah Kecamatan Malo. Sumber datanya meliputi data primer, yaitu observasi dan hasil wawancara sedangkan data sekundernya diperoleh dari sumber-sumber data seperti buku, kitab fikih, jurnal, internet dan lainnya. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deduktif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori milik dan izin.
Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa warga desa Sudah mengeksploitasi tanah di bantaran bengawan Solo untuk dijadikan batu bata dengan cara mulai dari pengambilan tanah, pencetakan, pengeringan, pembakaran dan penjualan dengan adanya izin dari pemerintah. Sedangkan di tinjau dari hukum bisnis Islam ditinjau dari teori milik maka status tanah liat yang digunakan sebagai bahan baku batu bata di Desa Sudah adalah milik pemerintah dasarnya adalah UUPA dan untuk klasifikasinya adalah milik sempurna dan Milk Ad-Daulah. Kalau ditinjau dari teori izin maka kegiatan produksi batu bata sudah mempunyai izin secara legal formal dari pemerintah Desa maupun Kecamatan ataupun Kabupaten Bojonegoro berdasarkan Intruksi Bupati Bojonegoro dan sudah mendapatkan izin dari pemilik tanah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Eksploitasi, Milik, Izin, Hukum Bisnis Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 333 Ekonomi tanah dan energi
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Nov 2021 15:33
Last Modified: 27 Nov 2021 15:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Robbani, Shofa
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Bait, Mulabbil
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item