Tinjauan Hukum Islam Terhadap Persamaan Upah Kerja Karyawan Pencabut Sarang Burung Walet dengan Sistem Gram di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban

HASANAH, MUMTAHANAH (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Persamaan Upah Kerja Karyawan Pencabut Sarang Burung Walet dengan Sistem Gram di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy

Abstract

Usaha pengelolaan sarang burung walet yang terdapat di Desa Sugihwaras ini, merupakan usaha pencabutan sarang burung walet. Dalam praktek pembayaran upah pekerja pencabut di usaha tersebut, disamakan dengan acuan gram antara upah sarang yang memiliki kualitas bagus dengan sarang yang kualitasnya tidak bagus. Padahal proses pencabutan sarang yang memiliki kualitas tidak bagus membutuhkan keuletan dan tenaga yang lebih banyak dari pada sarang yang kualitasnya bagus. Sehingga karyawan merasa dirugikan karena upah yang dibayarkan tidak sesuai dengan hasil kerja.
Penelitian ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimana Praktek Persamaan Upah Kerja Karyawan Pencabut Sarang Burung Walet dengan Sistem Gram di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Persamaan Upah Kerja Karyawan Pencabut Sarang Burung Walet dengan Sistem Gram di Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban.
Jenis penelitian ini adalah penelitian field research, di mana sumber datanya meliputi data primer yaitu observasi dan hasil wawancara sedangkan data sekundernya diperoleh dari sumber-sumber data rujukan seperti buku, kitab, jurnal dan lainnya. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deduktif kualitatif.
Kesimpulan pertama (1) Dalam praktek pembayaran upah kerja pencabut sarang walet di Desa Sugihwaras ini disamakan dengan acuan gram antara upah sarang yang memiliki kualitas bagus dengan sarang yang kualitasnya tidak bagus. Sarang yang memiliki kualitas tidak bagus membutuhkan keuletan dan waktu lebih banyak dari pada sarang yang kualitasnya bagus. Kesimpulan kedua (2) praktek persamaan upah kerja karyawan pencabut sarang burung walet di Desa Sugihwaras tersebut sudah memenuhi rukun dan syarat ija>rah. Namun pihak pengelola usaha tersebut dirasa masih belum mengimplementasikan secara maksimal prinsip pemberian upah yang adil. Karena dalam pembayaran upah antara sarang yang memiliki kualitas bagus dengan sarang yang kualitasnya tidak bagus disamakan dengan acuan gram. Pihak pengelola usaha sarang burung walet tersebut dirasa tidak mengapresiasi hasil dan kinerja karyawan pencabut. Berdasarkan analisa menurut undang-undang ketenagakerjaan, pembayaran upah karyawan pencabut sarang burung walet tersebut juga belum memenuhi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Karyawan Pencabut, Upah (ujrah), Hukum Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Nov 2021 05:59
Last Modified: 27 Nov 2021 05:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Azizah, Imroatul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item
View Item