ANALISIS PEMBERIAN UPAH ANI-ANI DENGAN METODE SIAPA CEPAT DIA DAPAT PERSEPEKTIF HUKUM ISLAM DI DESA BARENG KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO

Murtiningsih, Etik (2020) ANALISIS PEMBERIAN UPAH ANI-ANI DENGAN METODE SIAPA CEPAT DIA DAPAT PERSEPEKTIF HUKUM ISLAM DI DESA BARENG KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Bareng khususnya para petani yang tidak memiliki lahan perkebunan atau tidak mempunyai ladang sawah, dan kebanyakan mereka para ibu-ibu yang umurnya sudah 50 tahun ke atas yang menjadi buruh ani-ani, dalam pengupahan ani-ani ini para buruh tidak mendapatkan upah yang sama rata di sini cara pengupahanya dengan kecepatan dalam ani-ani maka merekalah yang mendapatkan padi dari hasil ani-ani yang paling banyak.
Rumusan masalah dari penelitian ingin mengetahui (1) Bagaimana praktik upah ani-ani dengan metode siapa cepat dia dapat di Desa Bareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro (2) Untuk mengetahui praktek upah ani-ani dengan metode siapa cepat dia dapat di Desa Bareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro.
Tujuan penelitin ingin mengetahui, (1) Bagaimana tinjuan hukum Islam terhadap praktek upah ani-ani dengan metode siapa cepat dia dapat di Desa Dareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro (2) Untuk mengetahui tinjuan hukum Islam terhadap praktek upah ani-ani dengan metode siapa cepat dia dapat di Desa Bareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis peneltian kualitatif dengan menggunakan pendekataan lapangan di Desa Bareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro. Teori yang digunakan ini adalah Gharar, Ijar>ah, dan ‘Urf penjelasaan pada teori (1) gharar karena tidak ada perjanjian dari awal. Pada teori (2) ijar>ah disini dalam ijab kabulnya tidak dijelaskan dalam sistem bekerjanya dan upah mengupahnyaa, (3) pada teori ‘urf dijelaskan dalam kategori al-‘urf bahwa kebiasaan masyarakat dalam ungkapan dalam mengukapkan sesuatu maka itulah yang difahami seperti dengan penyewa jasa hanya menyuruh tanpa ada penjelasan apapun tentang perjanjian upah mengupah.
Kesimpulan hasil menujukan bahwa (1) pengupahan dengan cara siapa cepat dia dapat sanga merugikan buruh ani-ani karena pemerolehanya tidak sama rata. (2) menurut tinjuan hukum Islam sudah masuk pada teori Gharar, Ijar>ah, dan ‘Urf

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Upah Ani-Ani, Hukum Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 26 Nov 2021 20:49
Last Modified: 26 Nov 2021 20:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Hambali, Ridlwan
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Dyana, Burhanatut
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item
View Item