SA'ADAH, LAILATUS (2022) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MATRA CERIA (MANDIRI, TERAMPIL, CERDAS, BERIMAN, BERAKHLAK MULIA) DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TEMAYANG BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (371kB)
AWALAN.pdf
Download (806kB)
BAB I.pdf
Download (457kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (572kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (843kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (371kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (435kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kreativitas merupakan salah satu faktor yang perlu dikembangkan. Namun banyak orang tua yang sibuk dalam hal pekerjaan, hingga lupa dalam memperhatikan perkembangan anaknya. Banyak orang tua yang kurang menyadari keterampilan dan bakat anaknya sendiri terutama kreativitas anak. Para orang tua sekarang lebih suka melempar tanggung jawab untuk mendidik anaknya pada lingkungan sekolah. Melihat kondisi waktu yang dihabiskan di sekolah dengan di rumah lebih banyak waktu yang dihabiskan yang di rumah. Hal ini juga terjadi di SMP Islam Temayang Bojonegoro yang mana para orang tua dalam mendidik anaknya lebih suka melempar tanggung jawab kepada pihak sekolahan. Menanggapi hal tersebut SMP Islam Temayang Bojonegoro berupaya dengan membuat program pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru SMP Islam Temayang Bojonegoro. Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan perpanjangan penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) implementasi pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi tiga langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada langkah perencanaan yang dilakukan adalah menyusun kegiatan pembiasaan matra ceria, membuat jadwal pelaksanaan dan penanggungjawab. Langkah kedua yaitu pelaksanaan dari pembiasaan matra ceria dan Langkah ketiga yaitu evaluasi yang dilakukan adalah melakukan evaluasi pengamatan terhadap perilaku siswa. (2) kendala dari implementasi pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi, kurangnya kerjasama dari pihak orang tua, kendala dari siswa, dan pengaruh dari lingkungan sekitar. Sedangkan solusi untuk mengatasi dari kendala implementasi pembiasaan matra ceria dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP Islam Temayang Bojonegoro meliputi, mengadakan sosialisasi dengan orang tua, memberikan sanksi, dan menjauhi pergaulan yang bersifat negatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Matra Ceria (Mandiri, Terampil, Cerdas, Beriman, Berakhlak Mulia), Kreativitas |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email 201855010104605@kelasonline.unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:57 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:57 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri minarti@unugiri.ac.id Thesis advisor Anisah, Giati giati@unugiri.ac.id |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1139 |