HAMIDA, IKA NURUL (2021) PENERAPAN METODE MUROTTAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN DARUT TALIM BELUN TEMAYANG BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
SAMPUL.pdf
Download (107kB)
AWALAN.pdf
Download (486kB)
BAB I.pdf
Download (332kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (178kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (115kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB) | Request a copy
Abstract
Al Quran merupakan kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW (sebagai mukjizat terbesar) yang mana di dalamnya trdapat pedoman dalam mencapai kebahagiaan hidup yang haqiqi. Pada dasarnya Al Quran itu mudah dipelajari, tidak sulit dan juga tidak berat, asalkan ada kemauan, kesungguhan dan keseriusan dalam mempelajarinya. Keberhasilan suatu program terutama pengajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari pemilihan metode. Salah satu metode belajar Al-Quran ialah metode Murottal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapam metode murottal terhadap kemampuan membaca al quran di Pondok Pesantren Darut Talim. Untuk mengetahui apa sajakah manfaat dari metode murottal terhadap santri di Pondok Pesantren Darut Talim Belun. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode murottal terhadap santri di Pondok Pesantren Darut Talim Belun Temayang Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sumber data yang peneliti gunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1)Penerapan metode Murottal ialah dengan membaca Alquran secara bersama-sama oleh Santri Putra dan santri putri pondok pesantren Darut Ta'lim bersamaan dengan dilantunkannya bacaan Murottal suatu surat. (2)Manfaat penggunaan metode Murottal dalam pembelajaran Al-quran di Pondok Pesantren Darut Talim adalah untuk mempermudah para santri dalam membiasakan membaca Alquran dengan Tartil dan tajwid yang benar. Juga dapat didengarkan oleh masyarakat sekitar, yang mana bagi masyarakat lantunan tersebut enak untuk didengar. (3)Kelebihan metode Murottal antara lain tartil dan tajwid dari bacaan Alquran tersebut telah dibacakan oleh seorang Quro yang masyhur. Kendala penggunaan metode Murottal dalam pembelajaran Alquran ini diantaranya harus diimbangi dengan sarana dan prasarana yang yang bagus seperti speaker yang yang tidak mudah error. Para santri harus terkondisikan sebelum lantunan Murottal dimulai.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Murottal,, Kemampuan membaca Al-Quran. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 15:16 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 15:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Affandi, Chaffidz UNSPECIFIED Thesis advisor Mamluah, Aya UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1008 |