PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PADANGAN BOJONEGORO

NURDIANA, IKA (2014) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PADANGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan mempunyai peranan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan, sehingga harus memiliki kemampuan sebagai leader. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik adalah mampu mengelola semua sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan baik dari sisi pembelajaran maupun pengembangan sumber daya manusia. Dengan rumusan masalah sebagai berikut; a) Bagaimana kepemimpinan kepala MAN Padangan Bojonegoro?, b) Bagaimana kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro?, c) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro?. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; a) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala MAN Padangan Bojonegoro. b) Untuk mengetahui kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro. c) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala MAN Padangan memiliki pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro. Hal ini terbukti dari pengisian angket kepemimpinan kepala MAN Padangan yang dihasilkan dari 45 responden dengan nilai rata-rata (7) pada kategori sangat baik, dan nilai rata-rata angket kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro (6,8) juga tergolong baik. Dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di MAN Padangan Bojonegoro dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistik Product Moment. Dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,666.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir Mahasiswa) (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:53
Last Modified: 26 Oct 2021 22:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Fahman, Mundzar
UNSPECIFIED
URI: http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item
View Item