Nadha, Siti Khoirun (2021) EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX MTS ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (163kB)
BAB I.pdf
Download (777kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (687kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (303kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang memiliki pengaruh besar terhadap belajar dan hasil belajar. Tingkat kuat dan lemahnya motivasi belajar pada siswa ditandai adanya ketekunan menghadapi tugas, belajar mandiri, semangat belajar, pengerjakan tugas, emosional terhadap keadaan atau suasana belajar, keyakinan terhadap suatu perihal, dan suka mencari dan memecahkan soal. Hal ini berlandaskan hasil observasi, wawancara dan angket. Skala motivasi belajar sebagai pretest. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan Rational Emoive Behavior Therapy (REBT) melalui bimbingan kelompok meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pra eksperimen desain one group pretest – posttest. Subjek penelitian ialah siswa kelas IX MTs Islamiyah Kedungjambe Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk membandingkan nilai pretest - posttest. Hasil penelitian memperlihatkan motivasi belajar siswa kelas IX MTs Islmiyah Kedungjambe sebelum diberi perlakuan pendekatan REBT melalui bimbingan kelompok masuk kategori rendah sebanyak rata-rata 59,25%, setelah mendapat perlakuan meningkat masuk kategori tinggi sebanyak rata-rata 91,5%, perbandingan antara hasil persentase siswa sebelum dan sesudah mendapat treatmen sebanyak rata-rata 32,25%. Jadi, kesimpulannya terdapat perbedaan pretest - posttest, yang berarti pendekatan REBT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REBT, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:32 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti UNSPECIFIED Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/988 |