ISTIKHOMAH, LAELA NUR (2021) PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Awalan.pdf
Download (318kB)
BAB I.pdf
Download (653kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (640kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (346kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (11kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB) | Request a copy
Abstract
Karakter seseorang akan berkembang apabila mendapat pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Salah satu lingkungan yang dapat mempengaruhi karakter seseorang adalah lingkungan sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan atau penguatan karakter individu. Salah satunya karakter kedisiplinan. Penting penguatan nilai karakter kedisiplinan didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pendidikan karakter kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi lapangan, hasil wawancara dan beberapa dokumen yang peneliti peroleh dengan menggunakan teknik penggumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif yang meliputi prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan melalui ketekunan pengamatan, kecukupan bahan referensial dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan proses penerapan nilai karakter kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro dilakukan melalui standart operasional prosedur (SOP) untuk guru dan tata tertib untuk siswa serta pembiasaan dan keteladanan dari gurunya. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam proses atau pelaksanaan penerapan karakter kedisiplinan masing-masing mempunyai faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Adapun nilai karakter kedisiplinan yang sangat menonjol yang ditanamkan hampir semua kegiatan adalah disiplin antri.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, kedisiplinan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 11:28 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 11:28 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, M. Romadlon UNSPECIFIED Thesis advisor Amreta, Midya Yuli UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/997 |