PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 BOJONEGORO

ISTIKHOMAH, LAELA NUR (2021) PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy

Abstract

Karakter seseorang akan berkembang apabila mendapat pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Salah satu lingkungan yang dapat mempengaruhi karakter seseorang adalah lingkungan sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan atau penguatan karakter individu. Salah satunya karakter kedisiplinan. Penting penguatan nilai karakter kedisiplinan didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pendidikan karakter kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi lapangan, hasil wawancara dan beberapa dokumen yang peneliti peroleh dengan menggunakan teknik penggumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif yang meliputi prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan melalui ketekunan pengamatan, kecukupan bahan referensial dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan proses penerapan nilai karakter kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro dilakukan melalui standart operasional prosedur (SOP) untuk guru dan tata tertib untuk siswa serta pembiasaan dan keteladanan dari gurunya. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam proses atau pelaksanaan penerapan karakter kedisiplinan masing-masing mempunyai faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Adapun nilai karakter kedisiplinan yang sangat menonjol yang ditanamkan hampir semua kegiatan adalah disiplin antri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, kedisiplinan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 29 Jun 2022 11:28
Last Modified: 29 Jun 2022 11:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Amreta, Midya Yuli
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item
View Item