PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP ISLAM TEMAYANG DAN SMP NEGERI 1 TEMAYANG

AHMARUDDIN, KHAFIF (2021) PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP ISLAM TEMAYANG DAN SMP NEGERI 1 TEMAYANG. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Sekolah yang unggul pasti mempunyai program dan budaya yang kuat dalam mencetak siswa yang berkarakter khususnya karakter religius. Sekolah dinilai sebagai wadah yang cukup efektif untuk menguatkan karakter religius remaja, disamping ada pengaruh kuat dari karakter keluarga, warga sekitar di lingkungannya dan teman sejawatnya. Diharapkan sekolah mampu berperan penting dalam meminimalisir degradasi moral dan banyaknya kenakalan dan kasus kriminal yang menyasar kalangan remaja.
Karakter religius merupakan satu hal yang sangat penting untuk dibahas. Seseorang tidak cukup hanya berilmu pengetahuan saja, tapi juga harus disertai karakter religius yang baik. Dengan karakter religius warganya yang baik akan mudah bagi suatu negara untuk menjadi negara yang rukun, maju dan berdaya saing tinggi.
Dalam tesis ini akan memusatkan perhatian pada aspek usaha sekolah dalam menguatkan karakter religius siswa, apakah usaha sekolah ini dapat berperan penting dalam menguatkan karakter religius siswa, sehingga terwujudlah sekolah yang efektif, unggul, dan kompetitif sehingga menjadi sekolah pilihan masyarakat, disamping juga sebagai problem solving kenakalan remaja. Obyek penelitian ini adalah sekolah-sekolah yang berazaskan religi juga sekolah umum negeri, yaitu SMP Islam Temayang dan SMP Negeri 1 Temayang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu jenis penelitian yang menghasilkan temuan-temuan yang tidak diperoleh oleh alat-alat prosedur statistik atau alat-alat kuantifikasi lainnya. Penelitian kualitatif ini ditandai dengan penekanan pada penggunaan non-statistik, khususnya dalam proses analisa data hingga dihasilkan temuan-temuan secara alamiah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sekolah menguatkan karakter religius siswa lewat strategi penguatan budaya religius sekolah terlihat cukup efektif dan berfungsi baik dalam menguatkan karakter religius siswa, yang endingnya sekolah akan menjadi unggul dan kompetitif secara teoritis, praktis, dan analisis faktual. Dimensi-dimensi usaha sekolah meliputi dimensi program keagamaan, kedisiplinan, perilaku/ karakter dan tata tertib, didukung dengan dimensi filosofi berupa visi-misi & tujuan pendidikan. Karakter religius dapat membangun generasi yang santun dan berprestasi, sehingga semua itu dapat membawa Lembaga Pendidikan menjadi lebih berkualitas sebagaimana yang diterapkan di SMP Islam Temayang dan SMP Negeri 1 Temayang

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Karakter, Religius
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Choirotul Nikmah
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:49
Last Modified: 28 Jun 2022 04:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IZZA, YOGI PRANA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item
View Item