FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT STUDI LANJUT DI PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH BALEN BOJONEGORO

ZARKASYI, MOCH. (2020) FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT STUDI LANJUT DI PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy

Abstract

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi diawali dari adanya rasa ketertarikan dan kebutuhan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Adanya minat dalam diri individu akan mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu tindakan dan partisipasi di dalamnya. Begitu juga dengan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi akan mendorong mereka untuk berusaha bisa masuk perguruan tinggi karena mereka ingin mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun, Terdapat banyak faktor penyebab kurangnya minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, antara lain besarnya biaya pendidikan lanjut, keinginan untuk bekerja, kurangnya motivasi atau dorongan dari orang tua, guru dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana minat siswa kelas XII terhadap perguruan tinggi di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro. (2) Apakah faktor yang menyebabkan kurangnya minat studi lanjut diperguruan tinggi siswa kelas XII Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah responden sebanyak 62 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Responden penelitian yaitu siswa kelas XII yang berjumlah 62 siswa. Dan kemudian di kelompokkan sesuai dengan kurangnya minat studi lanjut yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian diperoleh faktor penyebab kurangnya minat studi lanjut perguruan tinggi siswa kelas XII MA Islamiyah Balen Bojonegoro adalah 30% siswa menyatakan keberatan terhadap biaya, 5% siswa menyatakan kurangnya dorongan orang tua, 21% siswa menyatakan keinginannya untuk bekerja, dan 9% menyatakan kurangnya motivasi, 6% siswa menyatakan dari dalam diri sendiri, 4% siswa menyatakan linkungan sekitar, 19% siswa menyatakan ada pengaruh teman sebaya, dan 6% kurangnya informasi tentang Perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Faktor penyebab, kurangnya minat, studi lanjut, perguruan tinggi.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 24 May 2022 02:13
Last Modified: 24 May 2022 02:13
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item
View Item