PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PADEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) WALISONGO SUGIHWARAS BOJONEGORO

INAYATI, NURUL (2021) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PADEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) WALISONGO SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Dewasa ini, karena adanya pandemi Covid-19 pembelajaran harus dilakukan secara daring (dalam jaringan). Guru dituntut untuk dapat mengembangkan kreativitas diri dengan memanfaatkan metode dan media daring (online). Terutama untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits guru harus lebih kreatif untuk mentransfer materi yang akan disampaikan kepada siswa meskipun tanpa bertatap muka. Karena di dalam penyampaian materi Al-Qur’an Hadits siswa harus hafal dan paham serta dapat melafalkan ayat Al-Qur’an dan hadits dengan benar sesuai makharijul huruf dan kaidah ilmu tajwid. Jika hal ini harus dilaksanakan melalui daring guru harus dapat memilih media dan strategi yang tepat untuk digunakan pada masa pembelajaran jarak jauh, agar memotivasi siswa untuk selalu belajar dan berprestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kreativitas guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Walisongo Sugihwaras (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Walisongo Sugihwaras (3) Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Walisongo Sugihwaras. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kreativitas guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits (X), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan hasil nilai PTS siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis dengan menggunakan rumus teknik analisis data korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di MTs Walisongo Sugihwaras Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari perolehan taraf signifikansi 5% ro > rt (0,585 > 0,291). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan pada nilai interpretasi koefisien korelasi dapat dikategorikan “cukup kuat” tingkat pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:02
Last Modified: 27 Apr 2022 04:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
HUDA, AGUS
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AZIZ, SU’UDIN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item
View Item