PENGARUH PEMBELAJARAN BASIS E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BOJONEGORO

KHANA, A NAIM AKBAR (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BASIS E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1 Cover.pdf] Text
1 Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Awalan Skripsi.pdf] Text
Awalan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (865kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

e-learning merupakan sebuah model pembelajaran baru yang di lakukan oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan belajar siswa selama pandemi, model pembelajaran ini cukup berhasil berkembang disekolah-sekolah yang ada di Indonesia khususnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bojonegoro, hal ini dibuktikan dengan berhasilnya guru dalam mencapai tahapan-tahapan pembelajaran melalui model e-learning, namun dari keberhasilan itu masih ditemukan beberapa gejala yang menghambat berjalannya pembelajaran basis e learning sendiri seperti: Siswa yang enggan bertanya, kurangnya minat siswa ketika materi disampaikan dan masih didapati siswa yang kurang faham dengan materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sistem pembelajaran basis e learning yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bojonegoro dengan fokus masalah (1) pembelajaran basis e-learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, (3) Pengaruh pembelajaran basis e-learning terhadap peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bojonegoro. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran 2020/2021. Mengingat jumlah keseluruhan siswa kelas X lebih dari 100 orang maka peneliti mengambil sampel 25% dari jumlah keseluruhan populasi. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Dalam penelitian ini sistematika pengumpulan data menggunakan sistem wawancara untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran basis e-learning. Pemakaian sistem angket untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning pada hasil belajar dan pemakaian rapot untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran akidah akhlak melalui pembelajaran basis e learning masih dinilai kurang maksimal, hal ini dibuktikan dengan hasil angket sebesar 24,5% yang menunjukkan bahwa rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran melalui model basis e-learning, (2) perhitungan nilai rata-rata hasil belajar akidah akhlak siswa atau nilai rata-rata adalah sebesar 89,8. Ini berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dikategorikan sangat baik, (3) hasil pembahasan yang sudah disampaikan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran basis e-learning terhadap hasil belajar akidah akhlak, hasil yang diperoleh sebesar 0,221. Dimana nilai signifikan lebih kecil dari “r” table, baik pada taraf 5% maupun pada taraf 1%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: E-learning, Hasil Belajar Akidah Akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:59
Last Modified: 27 Apr 2022 02:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HUDA, AGUS
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AZIZ, SU’UDIN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item
View Item