IMPLIKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMUDA DI DESA PUNGGULREJO KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN

SHOLIKHAH, NOVIA NURUL MAR ATUS (2021) IMPLIKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMUDA DI DESA PUNGGULREJO KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy

Abstract

Pengguna instagram seiring berjalannya waktu semakin bertambah jumlahnya. Hal itu juga bertambah juga fungsi instagram. Instagram menjadi salah satu alat perantara bagi generasi muda untuk memenuhi kebutuhan informasi mengenai pendidikan Islam terutama bagi pengguna di Desa Punggulrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan dan implikasi dari media sosial instagram sebagai sarana pendidikan Islam pada pemuda di Desa Punggulrejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari empat informan yang bertempat tinggal di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Dalam memperoleh data untuk penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada Nasution dan Miles yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana pendidikan Islam pada pemuda di Desa Punggulrejo menunjukkan bahwa penggunaan instagram untuk mendapatkan pengetahuan tentang Islam atas dasar ketidaksengajaan, mudah dalam mengakses informasi dari media sosial instagram, memanfaatkan unggahan konten mengenai pendidikan Islam berbentuk gambar ataupun video. Implikasi dari penggunaan instagram sebagai sarana pendidikan Islam terdapat perubahan pada generasi muda yang sesuai ajaran Islam yaitu bertambahnya pengetahuan mengenai pendidikan Islam diiringi adanya perubahan dari segi sikap dan perilaku yang lebih sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: media sosial, instagram, pendidikan Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:12
Last Modified: 18 Apr 2022 03:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kartini, Alif Yuanita
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item
View Item