TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN ARUS LISTRIK SPBU OLEH WARKOP “CEPEX COFFEE” DI DESA PANJUNAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

ISHAQ, MOH. HASAN (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN ARUS LISTRIK SPBU OLEH WARKOP “CEPEX COFFEE” DI DESA PANJUNAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyambungan listrik secara liar adalah menyambungkan aliran listrik dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa diketahui oleh pelanggan resmi sebagai pemilik aliran listrik yang sah dari PLN. Seperti praktik penyambungan aliran listrik secara liar yang terjadi di Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Mengakibatkan pihak SPBU resah karena dapat mengurangi voltage yang menyebabkan turunnya tegangan listrik sehingga pihak SPBU tidak dapat menikmati listrik sebagaimana mestinya. Berdasarkan latar belakang di atas, menarik untuk dikaji: (1) Bagaimana praktik penggunaan arus listrik SPBU oleh warkop “Cepex Coffee” di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penggunaan arus listrik SPBU oleh warkop ”Cepex Coffee” di Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan field research. Dalam menguraikan permasalahan tentang tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penggunaan arus listrik SPBU oleh warkop “Cepex Coffee” di Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber datanya meliputi data primer dan sekunder, dari data primer diperoleh hasil observasi dan wawancara yang berhubungan dengan praktik penyambungan listrik secara liar tersebut. Sedangkan dari data sekunder diperoleh atau dikumpulkan dari buku-buku, surat kabar berupa karya ilmiah seperti bahan pustaka, jurnal dan lain sebagainya serta yang terkait dengan penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan: (1) Praktik Penggunaan Arus Listrik SPBU Oleh Warkop “Cepex Coffee” yang terjadi di Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro yaitu Mas N. dalam menjalankan usahanya tersebut menggunakan fasilitas listrik milik SPBU secara tanpa izin. (2) Menurut pandangan Hukum Ekonomi Syariah tidak diperbolehkan. Adapun dalam teori ghas}ab, penggunaan arus listrik secara tanpa izin yang terjadi di Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro merupakan suatu tindakan ghas}ab, hukum ghas}ab sudah sangat jelas yaitu haram. Sesuai dengan analisis penulis maka perbuatan tersebut dapat dikenai hukuman ta’zi>r. Kemudian ditinjau dari teori izin, praktik yang dilakukan Mas N. harus mendapat legalitas dari pihak SPBU. Solusi untuk praktik penggunaan arus listrik dengan tanpa izin ini adalah sang pemilik Warkop “Cepex Coffee” harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak SPBU.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Ghasab, Izin.
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 16 Apr 2022 04:13
Last Modified: 16 Apr 2022 04:13
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Shiddiqi, Hasbi Ash
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item