PENETAPAN KADAR PARASETAMOL PADA SEDIAAN SIRUP OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE HPLC (High Performance Liquid Cromatography)

Rahmawati, Novia Laila (2021) PENETAPAN KADAR PARASETAMOL PADA SEDIAAN SIRUP OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE HPLC (High Performance Liquid Cromatography). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
COVER SKRIPSI NOVIA.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of AWALAN SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
AWALAN SKRIPSI NOVIA.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of BAB 1 SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
BAB 1 SKRIPSI NOVIA.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of BAB II SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
BAB II SKRIPSI NOVIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
BAB III SKRIPSI NOVIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
BAB IV SKRIPSI NOVIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
BAB V SKRIPSI NOVIA.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of DAPUS SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
DAPUS SKRIPSI NOVIA.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI NOVIA.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI NOVIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Obat didefinisikan sebagai zat yang dapat menyembuhkan suatu penyakit. Suatu obat dapat dikatakan memiliki keefektifan yang baik apabila obat tersebut memenuhi persyaratan mutu penetapan kadar zat aktif suatu obat yang terdapat dalam Farmakope Indonesia. Dalam penetapan suatu kadar obat perlu digunakan metode yang menunjukkan hasil yang baik dan terjamin ketepatan dan ketelitiannya. Metode HPLC dipilih dikarenakan memiliki nilai spesifitas (ketelitian) dan sensitifitas (kepekaan) yang tinggi, serta memiliki waktu analisa yang cepat.Suatu metode HPLC merupakan suatu metode yang sensitif dan akurat untuk penentuan kuantitatif dalam penentuan jumlah senyawa yang tedapat dalam larutan serta baik untuk pemisahan suatu senyawa yang tidak mudah menguap. Selain itu menurut Farmakope Indonesia metode penetapan kadar parasetamol oral juga dilakukan dengan metode HPLC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu kadar parasetamol pada sediaan sirup yang sesuai dengan Farmakope Indonesia Edisi VI. Untuk memastikan suatu sampel sirup mengandung parasetamolperlu dilakukan analisa kualitatif dengan uji identifikasi sampel sirup menggunakan metode Kromatografi Lapis Tipis. Dan untuk menetapkan suatu kadar obat pada sampel sirup dengan metode HPLC dilakukan analisa secara kuantitatif dengan cara menginjeksikan sampel sebanyak 20 μl kedalam alat HPLC, fase gerak yang digunakan adalah aquabidest : methanol dengan perbandingan (3:1), dengan laju alir 1ml/menit, colomn μ C 18 μm 125A 3,9 x 300mm, pemisahan zat terjadi melalui mekanisme kromatografi, hasil dari pemisahan tersebut akan terbaca oleh detektor lampu UV dengan panjang gelombang 248 nm. Dibuat juga larutan kurva kalibrasi dari larutan baku induk parasetamol dengan 5 macam konsentrasi yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali untuk menetapkan kadar suatu obat.Dari hasil penelitian yang didapatkan jumlah kadar zat aktif yang terdapat pada sampel sirup parasetamol 1 sebanyak 93,07% dan sampel sirup parasetamol 2 sebanyak 95,52% dari kedua kadar didapatkan rata-rata sebanyak 94,29%. Dan dari rata-rata kadar tersebut dapat disimpulkan bahwa sampel sirup memenuhi persyaratan yang sesuai dengan Farmakope Indonesia Edisi VI (2020) yaitu yang mengandung parasetamol tidak kurang dari 90,00% dan tidak lebih dari 110,0%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Parasetamol, Sirup Obat, HPLC
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 615 Farmakologi dan terapi farmakologi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Farmasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:24
Last Modified: 07 Apr 2022 07:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Al-Bari, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Basith, Abdul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item
View Item