KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELAS VII.B SISWA MTS TERPADU MANBA'UL - ULUM KLEPEK - SUKOSEWU - BOJONEGORO

Niswah, Durrotun (2021) KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELAS VII.B SISWA MTS TERPADU MANBA'UL - ULUM KLEPEK - SUKOSEWU - BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of PRAWACANA (BAGIAN AWAL SKRIPSI).pdf] Text
PRAWACANA (BAGIAN AWAL SKRIPSI).pdf

Download (535kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian di latar belakangi dengan permasalahan rendahnya komunikasi interpersonal siswa kelas VII di MTs Terpadu Manba’ul –Ulum yang ditandai dengan perilaku seperti siswa masih malu dan enggan berkomunikasi sesama temannya maupun dengan guru, siswa malu menyampaikan pendapat saat sekolah luring maupun daring, siswa masih sulit beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang di dapatkan bersama guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik self-talk untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one group pre-test dan Post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII. B MTs Terpadu Manba’ul-Ulum Tahun Ajaran 2020-2021. Data di kumpulkan melalui instrument komunikasi interpersonal. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk membandingkan nilai pre test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa kelas VII.B sebelum di berikan perlakuan teknik self-talk berada dalam kategori rendah dengan presentase rata-rata 50,625% yaitu berada dalam kategori rendah dan setelah di berikan perlakuan dengan teknik self-talk mengalami peningkatan menjadi kategori sedang dengan presentase rata-rata 76%, perbedaan antara hasil presentase sebelum dan sesudah treatment rata-rata yaitu sebesar 25, 375%. Maka dapat kita simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya teknik self-talk cukup efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Self-Talk, Komunikasi Interpersonal Siswa
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:33
Last Modified: 05 Oct 2022 04:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item
View Item