Pengembangan instrument assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika

Anisah, Giati and Amreta, Midya Yuli (2023) Pengembangan instrument assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9 (1). pp. 76-88. ISSN p: 2442-7632, e: 2442-9287

[thumbnail of Pengembangan instrumentassessment as  learningberbasis  projek  untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogisbermuatan karakterBhineka Tunggal Ika.pdf] Text
Pengembangan instrumentassessment as learningberbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogisbermuatan karakterBhineka Tunggal Ika.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Pengembangan instrumentassessment as learningberbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogisbermuatan karakterBhineka Tunggal Ika.pdf] Text
Pengembangan instrumentassessment as learningberbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogisbermuatan karakterBhineka Tunggal Ika.pdf

Download (3MB)

Abstract

Instrumen assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara dialogis monologis dengan muatan karakter yang mampu mengakomodasi pembelajaran sekaligus menghasilkan informasi mengenai capaian kompetensi siswa menjadi kebutuhan para guru. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk instrument assessment as learning berbasis projek pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya elemen menyimak berbicara jenis wacana monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika yang memenuhi kriteria kelayakan instrumen asesmen. Penelitian ini adalah penelitian R&D yang menggunakan desain ADDIE dimana tahapan penelitiannya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi serta uji coba lapangan. Validiasi oleh ahli asesmen dan ahli pembelajaran menyimak berbicara memperoleh data mengenai validitas isi, validitas konstruk, validitas perwajahan, dan keterbacaan. Uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data dari guru dan siswa mengenai keterterapan, keterbacaan, kemenarikan, dan reliabilitas administrasi. Reliabilitas penyekor diperoleh dengan teknik inter-rater. Merujuk pada hasil analisis data disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen yang dihasilkan layak dan siap untuk digunakan. Kelayakan itu dapat ditafsirkan bahwa instrumen asesmen ini mampu meningkatkan kemampuan menyimak berbicara dialogis monologis siswa dan mengembangkan karakter Bhineka Tunggal Ika dalam diri siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bicara monologis, Instrumen assessment as learning, Pembelajaran menyimak dan berbicara
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:30
Last Modified: 11 Jan 2024 04:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Anisah, Giati
NIDN2104079104
Author
Amreta, Midya Yuli
NIDN2130079101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item
View Item