Pembiasaan Sholat Dluha dalam Mengembangkan Kedisiplinan Anak Roudlotul Athfal Bustanul Arifin Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro

Khoiriyah, Tsamrotul (2019) Pembiasaan Sholat Dluha dalam Mengembangkan Kedisiplinan Anak Roudlotul Athfal Bustanul Arifin Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana Pembiasaan Sholat Dluha Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Anak. Penelitian ini dilatar belakangi perubahan zaman yang pesat, mau tidak mau membawa pengaruh yang kuat dalam kedisiplinan anak. Diharapkan dengan adanya pembekalan agama sejak dini akan menjadi semacam filter bagi anak sehingga anak dapat tumbuh dengan dasar agama yang kuat. Dapat memilih hal yang bear dan salah sesuai tuntutan agama. Betapa pentingnya penerapan pendidikan disiplin dalam diri anak.
Penelitian ini dilakukan beralokasikan di Roudlotul Athfal Bustanul Arifin Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Roudlotul Athfal Bustanul Arifin berada di tengah perkampungan, dengan lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Sehingga penelitian sangat sesuai dengan judul skripsi peneliti, maka penelitian ini dilakukan dengan fokus penelitian : (1). Implementasi Sholat Dluha dalam mengembangkan Kedisiplinan Anak di Raudlotul Athfal Bustanul Arifin Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro (2) Upaya dalam Mengembangkan Kedisiplinan Anak di Roudlotul Athfal Bustanul Arifin Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini dilakukan di Desa Sendangrejo Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dengan metode pendekatan Kualitatif yaitu suatu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain – lain secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata – kata dan bahasa, pada suatu kontreks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sedagkan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah Kualitatif Deskriptif karena pada dasarnya penelitian ini menggunakan pendekatan induktif yaitu suatu pendekatan yang mengangkat dari suatu teori, gagasan para ahli maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan untuk memperoleh kebenaran dalam bentuk lingkungan data dengan cara
(1) Observasi, (2) Wawancara atau Interview, dan (3) Dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan disiplin anak sangatlah pesat diantaranya dalam hal sebagai berikut: (1) lebih awal dalam berangkat sekolah (2) anak bisa menirukan gerakan sholat secara tertib (2) anak bisa melafalkan bacaan – bacaan sholat dengan urut. Namun dibalik hasil itu masih bnyak faktor yang menghambat untuk mencapai tujuan, serta kurang maksimalnya hasil yang diharapkan dikarenakan kurangnya kerja sama antara wali murid dengan sekolah.
Sebagaimana diuraikan diatas, maka saran yang dapat diuraikan peneliti adalah
(1) perlu peningkatan kinerja dan memaksimalkan upaya dalam melaksanakan program yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Sholat Dluha, Mengembangkan Disiplin Anak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 24 Nov 2021 09:31
Last Modified: 24 Nov 2021 09:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item
View Item