UPAYA MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDLOTUL ATFHAL (RA) AL BALAGHUL HIDAYAH DESA NGABLAK KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

Muti’ah, Muti’ah (2019) UPAYA MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDLOTUL ATFHAL (RA) AL BALAGHUL HIDAYAH DESA NGABLAK KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman tentang percaya diri. Menanamkan rasa percaya diri pada anak usia 5-6 tahun adalah sebuah proses bertahap. Proses ini tidak bisa langsung sekaligus, tetapi membutuhkan tahapan-tahapan kecil. Untuk menumbukan rasa percaya diri adalah anak tidak lagi berpura-pura yakin secara berlebihan. Percaya diri merupakan kreaivitas terpenting, yag artinya percaya diri dan yakin terhadap kekuatan dan kapabilitasnya dalam mencapai kreativitas.
Tujuan menggunakan permainan lompat tali dapat membantu meningkatkan percaya diri pada anak i. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , saran yang perlu disampaikan adalah dalam meningkatkan percaya diri pada anak hendaknya guru dapat mengguanakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi yaitu menggunakan permainan tradisional lompat tali sehingga tujuan pembalajaran dapat tercapai dengan baik
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif, yakni jenis penelitian yang hanya menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, dan situasi. Menurut Moleong, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang datanya dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Jenis penelitian kualitatif ini di lakukan untuk memahami fenomena sosial dari sudut pandang pelakunya.
Rasa percaya diri anak di RA Al Balaghul Hidayah Ngablak Dander Bojonegoro cukup baik. Dilihat dari manfaatnya membentuk pribadi agar berani menjadi individu yang sesuai dengan jati dirinya sendiri dan berani tampil di depan umum, dengan permaian tradisional lompat tali anak-anak sangat antusias sekali anak berani tampil di depan teman-temannya dengan rasa percaya diri yang tinggi. Anak-anak tidak hanya jadi penonton saja, akan tetapi anak merasa bangga karna bisa dan berani menunjukkan kemampuannya bermain lompat tali.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, Permainan lompat tali.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 23 Nov 2021 15:26
Last Modified: 23 Nov 2021 15:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, Romadlon
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item
View Item