SARI, DEVITA AULIA (2022) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PENGEMBALIAN BARANG REJECT DI SHOPEE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (286kB)
AWALAN.pdf
Download (699kB)
BAB I .pdf
Download (493kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (860kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (270kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (430kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB) | Request a copy
Abstract
Jual beli online melalui marketplace kini semakin banyak diminati oleh para masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Selain mudah dan dinilai aman, marketplace memberikan pelayanan yang sangat lengkap mulai dari fitur gratis ongkir sampai pengembalian barang jika barang yang diterima tidak sesuai. Namun pemberian syarat dan ketentuan dalam mendapatkan hak pengembalian barang itu tidak difahami oleh konsumen sehingga dianggap merugikan pihak konsumen itu sendiri.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana mekanisme pengembalian barang reject dan bagaimana perlindungan konsumen dalam pengembalian barang reject perspektif hukum ekonomi syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pengembalian barang reject di Shopee dan untuk mengetahui perlindungan konsumen pada kasus pengembalian barang reject pada marketplace Shopee perspektif hukum ekonomi syariah.
Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Teknik penelitiannya berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah penelitian bersifat induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mekanisme pengembalian barang yang sesuai perjanjian awal pada Shopee sudah memenuhi hak perlindungan konsumen. Salah satunya adalah hak memberikan kompensasi dan penyelesaian sengketa yaitu pada menu Ajukan Pengembalian. Yaitu dengan melampirkan bukti foto dan video reject dari barang tersebut. Dan mekanisme ini juga sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah karena memenuhi syarat khiya>r aib. Ketidakpahaman konsumen dianggap sebagai fiksi hukum dan penolakan penjual sah karena mengikuti syarat dan ketentuan dari shopee yang sejak awal memang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Reject, Shopee. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 341 Hukum-hukum negara 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 348 Undang-undang, hukum, regulasi dan kasus 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Devita Aulia Sari |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 03:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 03:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Huda, Nurul UNSPECIFIED Thesis advisor Anam, Khurul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1347 |