Sya'diyah, Melviya Nurus (2022) LITERASI INFORMASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MTS SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (840kB)
Awalan.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (742kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan literasi informasi sangat penting karena pesatnya kemajuan teknologi. Literasi informasi menyebabkan masyarakan memerlukan keahlian tersebut. Miliaran informasi yang tersedia membuat pencari dan pengguna infomasi kebingungan untuk mendapatkan informasi yang relevan. Literasi informasi digital adalah kemampuan untuk menemukan atau mencari informasi, mengevaluasi informasi dan menggunakan informasi melalui media digital. Penelitian ini bertujuan untuk:1. Bagaimana penerapan literasi informasi digital dalam pembelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah Kelas VII di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung? 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat optimalisasi literasi informasi digital dalam pembelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (studi kasus) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:penerapan literasi informasi digital dalampembelajaran SKI di Mts Sabilul Muttaqin Margoagung sudah diterapkan dengan baik. Dalam penerapan tersebut ada beberapa tahap yaitu: 1). mencari atau menemukan, dalam mencari atau menemukan melalui media digital tersebut peserta didik dalam kategoriyang baik karena dalam menemukan atau mencari informasi dari medi digital tersebut pendidik benar- benar melihat atau mengawasi sumber informasi yang didapat. 2). mengevaluasi, dalam mengevaluasi tersebut peserta didik benar- benar membaca informasi dari media dgital secara kitis dan mengambil informasi tersebut dengan baik. Maka dalam mengevaluasi tersebut peserta didik dalam kategori yang baik.3). menggunakan informasi dari media digital, peserta didik dalam kategori yang baik karena dalam menggunakan informasi tersebut peserta didik mampu membedakan informasi yang fakta dan hoax.
Dalam penerapan tersebut ada factor pendukung dan penghambatoptimalisasi literasi informasi digital dalam pembelajaran SKI materi Dinasti Abbasiyah di MTsSabilul Muttaqin Margoagung. Factor pendukungnya adalah: mengadakan pelatihan, motivasi yang kuat dari pendidik. Sedangkan factor penghambatnya adalah: tidak terfokus pada pembelajaran, signal atau jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi informasi digital |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Melviya Nurus Sya'diyah |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 06:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 06:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Anisah, Giati UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1176 |