KONSEP KEPEMIMPINAN M. QURAISH SHIHAB DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (TPQ Al Hijrah Desa Mulyoagung Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro)

RAHMAWATI, EKA APRILIA (2019) KONSEP KEPEMIMPINAN M. QURAISH SHIHAB DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU (TPQ Al Hijrah Desa Mulyoagung Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro). Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of SAMPUL DEPAN.pdf] Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Dalam ilmu management pemimpin mempunyai peranan yang sangat penting dalam mensukseskan tujuan organisasi. Apabila dalam suatu masyarakat, bangsa dan negara dipimpin oleh orang yang memiliki keimanan, ketaqwaan, jujur, amanah, adil dan menguasai ilmu serta tekhnologi maka pemimpin tersebut akan sukses. Di dalam penelitian ini, akan mencari konsep-konsep kepemimpinan dalam Al-Qur’an menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah. Berdasarkan hasil dari analisis yang dilakukan, menurut M. Quraish Shihab dalam Al-Quran masalah kepemimpinan dan khalifatullah terdapat empat kata yang menjadi rujukan makna pemimpin. Yaitu khalifah, imam, wali dan ulil amri. Dalam perkembangan zaman pada saat ini, guru TPQ tidak hanya dituntut bisa mengajar mengaji saja, namun juga harus menguasai tekhnologi, mengupdate ilmu-ilmu pengetahuan dan mampu memberikan pegangan terhadap anak didik agar mampu melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Konsep Kepemimpinan M. Quraish Shihab diterapkan dalam meningkatkan Profesionalisme Guru? TPQ Al Hijrah desa Mulyoagung Bojonegoro tersebut digunakan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang guru TPQ yang profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berpikir induktif yaitu menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang bersifat empiris kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Kajian ini menunjukkan bahwa: Konsep kepemimpinan M. Quraish Shihab dalam meningkatkan profesionalisme guru TPQ sudah berjalan dengan baik dari berbagai aspek, baik dalam pelaksanaan maupun prakteknya. Apabila hal ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, maka cita-cita menciptakan guru TPQ yang profesional akan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep Kepemimpinan M. Quraish Shihab, Profesionalisme Guru TPQ
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Jun 2021 09:21
Last Modified: 26 Oct 2021 22:14
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
MASJKUR, M.
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item
View Item