TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MEKANISME PENCATATAN UTANG PIUTANG DI PASAR KOTA BOJONEGORO

KAMALUDDIN, MUHAMMAD (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MEKANISME PENCATATAN UTANG PIUTANG DI PASAR KOTA BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Utang piutang ini merupakan sebuah akad yang bertujuan untuk tolong menolong, bukan sebagai embrio perselisihan. Sehingga kesepahaman atau kesepakatan dalam transaksi haruslah berdasarkan landasan yang di di ketahui oleh kedua belah pihak. Karena dari sini lah akan timbul adanya transparansi yang salah satunya di wujudkan dengan adanya pembukuan hutang piutang.
Akan tetapi kenyatannya, banyak transaksi utang piutang yang mengesampingkan prisnsip transaparansi tersebut. Sehingga tidak jarang timbul kesalah pahaman antara ke dua belah pihak, yang mengakibatkan percekcokan dan bahkan saling tidak percaya satu sama lain. Dalam scope yang terbatas, kenyataan ini dapat di saksikan di pasar kota Bojonegoro, yang mayoritas pedagangnya beragama Islam. Praktek utang piutang yang dilakukan oleh masyarakat pasar tersebut adalah utang piutang yang berdasarkan asas saling percaya satu sama lain tanpa meperhatikan aspek administrasi nya. Dan masyarakat di desa tersebut sudah terbiasa dengan fenomena utang piutang semacam ini. Melihat fenomena ini penulis tertarik untuk menelitinya yang mengacup ada pokok masalahnya sebagai berikut: Bagaimana praktek utang-piutang dan faktor-faktor yang melatar belakangi transaksi utang-piutang di pasar kota Bojonegoro?. Dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tambahan dalam utang-piutang di pasar kota Bojonegoro?
Jenis penelitian ini dilihat dari objeknya termasuk penelitian lapangan atau fieldresearch yang dilakukan di pasar kota bojonegoro. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Pada akhirnya hasil penelitian ini berkesimpulan, dalam pelaksanaan utang piutang di pasar kota Bojonegoro ini rukun dan syarat al-qardh telah dipenuhi, maka praktek utang piutang ini sudah sah menurut hukum Islam. Sedangkan Faktor-faktor yang melatar belakangi adanya praktek tersebut dikarenakan adanya rasa kekeluargaan sehingga saling percaya satu sama lain itu tinggi. Ditambah dengan intensitas pertemuan yang sangat sering sehingga segala persoalan dapat di selesaikan secara kekeluargaan. Bahwa tidak setiap perselisihan yang timbul dari proses utang piutang itu selalu berdampak buruk dalam kurun waktu yang lama, tetapi lebih tergantung pada latar belakang serta ke sepahaman terhadap sebuah persoalan yang di timbulkan. Dengan demikian proses pembukuan yang kiranya tidak dilakukan dalam proses utang piutang barang dagangan itu masih layak dilakukan pada saat ini karena tidak berdampak signifikan terhadap kerukunan dan persaudaraan yang terjadi di pasar kota Bojonegoro

Item Type: Thesis (Tugas Akhir Mahasiswa) (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, UTANG PIUATANG, PASAR KOTA
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 28 Nov 2021 15:04
Last Modified: 28 Nov 2021 15:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Azizah, Imroatul
UNSPECIFIED
URI: http://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item
View Item