PENGARUH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP PENANGGULANGAN KENAKALAN ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH FALAKHIYAH I DESA JAMPET KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO

AZIZAH, NURUL (2019) PENGARUH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP PENANGGULANGAN KENAKALAN ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH FALAKHIYAH I DESA JAMPET KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, agama, budaya, golongan dan sebagainya. Sehingga sangat rawan terjadinya konflik, oleh karena itu perlu adanya pendidikan multikultural. Tujuan penelitian yang ingin penulis capai antara lain: Untuk mengetahui Penanggulangan kenakalan anak di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui pendidikan multikultural di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.
Untuk mengetahui pengaruh pendidikan multikultural terhadap penanggulangan kenakalan anak di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu suatu metode yang berkaitan dengan angka-angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan tentang suatu keadaan atau peristiwa. Dalam hal ini yang digambarkan adalah pelaksanaan pendidikan multikultural dalam rangka menanggulangi kenakalan anak di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pendidikan multikultural di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro dilakukan secara terintegrasi dengan pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam dan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan pedoman yang berlaku. Penanggulangan kkenakalan anak pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro adalah berjalan sangat baik. Hal ini dapat diketahui dari minimnya siswa yang terjerat dengan persoalan kriminalitas. Dengan demikian penanggulangan kenakalan anak dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan ternyata terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pendidikan multikultural dalam kurikulum pendidikan agama Islam terhadap penanggulangan kenakalan anak di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan perhitungan pengaruh pendidikan multikultural dalam kurikulum pendidikan agama Islam terhadap penanggulangan kenakalan anak di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro adalah sebesar 0,685, ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pengaruh pendidikan multikultural dalam kurikulum pendidikan agama Islam terhadap penanggulangan kenakalan anak di Madrasah Ibtidaiyah Falakhiyah I Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, Penanggulangan Kenakalan Anak
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 177 Etika hubungan sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 Nov 2021 15:44
Last Modified: 17 Nov 2021 15:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Habibullah, Romadlon
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item
View Item